Home > Bank Mandiri > Transaksi Syariah Mandiri Semakin Mudah

Transaksi Syariah Mandiri Semakin Mudah

Berdasarkan sumber utama yaitu Republika Online diketahui bahwa Bank Syariah Mandiri (BSM)  sedang dalam mempersiapkan diri untuk menerapkan sistem baru yang menghubungkan Bank Syariah Mandiri dengan dengan perusahaan induk (Bank Mandiri). Dengan adanya sistem bari ini para nasabah BSM akan bisa melakukan transaksi syariah di kantor Bank Mandiri lainnya. Yang berarti transaksi syariah Mandiri akan semakin mudah.

bank mandiri

bank mandiri

Yuslam Fauzi sebagai direktur Utama BSM mengatakan bahwa sistem ini akan sangat menguntungkan bagi nasabah maupun perusahaan. Selain memudahkan nasabah menjangkau layanan syariah di kantor-kantor konvensional Bank Mandiri, sistem ini juga akan meningkatkan efisiensi perusahaan. “Sudah ada komitmen untuk mengembangkan ini,” ujar Yuslam kepada wartawan, baru-baru ini.

Bagi perusahaan, ini akan memberikan keuntungan tersendiri. Anak usaha Bank Mandiri ini bisa meningkatkan efisiensi serta mempercepat kinerja apabila sistem ini dipakai. Bila mengembangkan jaringan sendiri, kata Yuslam, harus mengeluarkan biaya terutama untuk kantor dan sumber daya manusianya. Dengan sistem ini, BSM hanya perlu memberikan insentif kepada Bank Mandiri.

Rencananya BSM akan melakukan proyek awal di beberapa kantor cabang Bank Mandiri di wilayah Jawa untuk melihat seberapa besar animonya. Terkait perdebatan tentang sulitnya pengawasan Dewan Pengawas Syariah (DPS), Yuslam menyebutkan, ini bukan suatu hambatan. Secara administrasi dan teknologi sistem syariah dan konvensional sudah berbeda. Artinya BSM hanya menumpang ruangan saja di kantor induk untuk efisiensi.
Untuk tahap uji coba ini, BSM baru akan menghimpun dana pihak ketiga melalui sistem ini. Pasalnya produk ini yang lebih cepat dan efisien untuk diterapkan lebih dulu. Untuk pembiayaan perusahaan baru akan mengembangkannya setelah pilot project berjalan. Namun tidak dalam waktu dekat.
Yuslam menyebutkan, kalaupun akan mengembangkan pembiayaan, produk pertama yang akan dijual melalui sistem ini adalah gadai. “Karena gadai dianggap paling mungkin dan tidak rumit prosesnya,” ujar Ketua Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) ini. Ia mengharapkan uji coba dapat dilaksanakan pada kuartal pertama 2013.

Sumber utama artikel: Republika Online

About these ads
Categories: Bank Mandiri Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: